Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensia Semu
adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sistem atau
komputer menjadi cerdas. Supaya komputer bisa bertindak seperti atau
serupa dengan manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan, dan
mempunyai kemampuan untuk menalar.
Secara garis besar bidang ilmu yang dipelajari dalam domain AI bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Bidang ilmu ini mempelajari
bagaimana membangun sistem atau komputer yang memiliki keahlian untuk memecahkan masalah dengan meniru atau mengadopsi keahlian yang dimiliki oleh pakar. Dengan sistem ini, permasalahan yang seharusnya hanya bisa diselesaikan oleh para pakar/ahli, dapat diselesaikan oleh orang biasa/awam. Sedangkan, untuk para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitas mereka sebagai asisten yang seolah-olah sudah mempunyai banyak pengalaman.
bagaimana membangun sistem atau komputer yang memiliki keahlian untuk memecahkan masalah dengan meniru atau mengadopsi keahlian yang dimiliki oleh pakar. Dengan sistem ini, permasalahan yang seharusnya hanya bisa diselesaikan oleh para pakar/ahli, dapat diselesaikan oleh orang biasa/awam. Sedangkan, untuk para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitas mereka sebagai asisten yang seolah-olah sudah mempunyai banyak pengalaman.
2. Natural Language Processing (NLP)
NLP mempelajari bagaimana
bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi
dengan komputer. Konsentrasi ilmu ini adalah interaksi antara komputer
dengan bahasa natural yang digunakan manusia, yakni bagaimana komputer
melakukan ekstraksi informasi dari input yang berupa natural language
dan atau menghasilkan output yang juga berupa natural language.
3. Robotics & Sensory Systems
Robot mampu melakukan beberapa task dengan
berinteraksi dengan physical world. Untuk melakukan hal tersebut, robot
diperlengkapi dengan effector seperti lengan, roda, kaki, dll. Kemudian,
robot juga diperlengkapi dengan sensor, yang memampukan mereka untuk
menerima dan bereaksi terhadap environment mereka.
Bidang ilmu inilah yang mempelajari bagaimana
merancang robot yang mampu membantu manusia, bahkan yang nantinya bisa
menggantikan fungsi manusia.
4. Computer Vision
Cabang ilmu ini erat kaitannya dengan pembangunan
arti/makna dari image ke obyek secara fisik. Yang dibutuhkan didalamnya
adalah metode-metode untuk memperoleh, melakukan proses, menganalisa dan
memahami image. Apabila cabang ilmu ini dikombinasikan dengan
Artificial Intelligence secara umum akan mampu menghasilkan sebuah
visual intelligence system.
5. Game Playing
Game biasanya memiliki karakter yang dikontrol oleh
user, dan karakter lawan yang dikontrol oleh game itu sendiri. Dimana
kita harus merancang aturan-aturan yang nantinya akan dikerjakan oleh
karakter lawan. Game akan menjadi menarik apabila karakter lawan
(non-player) bereaksi dengan baik terhadap apa yang dilakukan oleh
player. Hal ini akan memancing penasaran user dan membuat game menarik
untuk dimainkan. Tujuan intinya adalah membuat non-player memiliki
strategi yang cerdas untuk mengalahkan player.
Di field ini, ilmu AI dibutuhkan, yaitu untuk merancang dan menghasilkan game yang fun dan menarik untuk dimainkan.6. Dan lain-lain
Seperti yang ada pada gambar di atas, bidang ilmu
pembelajaran AI sangat variatif. Ilmu AI juga bisa dikombinasikan dengan
ilmu-ilmu terapan lainnya. Contohnya adalah dengan ilmu Biologi yang
akan menghasilkan suatu produk Bioinformatics.
Title : Artificial Intelligent
Description : Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensia Semu adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sistem atau komputer menjadi c...
Description : Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensia Semu adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sistem atau komputer menjadi c...
kecerdasan buatan, bagus itu. Salam.
ReplyDelete